linux command

November 26, 2008

linux-command

Iklan

latihan instruktur kader imm (hari ke 3)

Oktober 21, 2008

Hari ketiga mungkin akan menjadi hari yang lebih baik dari pada hari ke 2. Karena kita melakukan diklat dengan metode workshop. Hal ini tentunya yang sangat disenangi oleh para peserta karena ilmu yang dipelajari selama 3 hari tersebut dapat diimplementasikan meskipun hanya dalam tataran  simulasi.

Pada Workshop pertama ,giliran kelompok kami yang mempresentasikan tentang RKTL (Rencana Tindak Lanjut Kader) materi ini berisikan tentang bagaimana men follow up kader agar kader tidak merasa tidak diperhatikan. Pada Presentasi ini kami cukup sukses dalam mempresentasikannya meskipun timbul pro kontra karena kami tidak melalui alur bepikir yang sesuai dengan teori yang disampaikan pemateri. Tetapi dengan cukup bijasana kelompok kami menyikapi hal itu dengan semangat dagel sehingga sukses dalam pelaksanaannya.

Berikutnya giliran kelompok 3 yang mempresentasikan tentang Simulasi pembuatan pelatihan, tapi sayangnya banyak sekali kekurangan yang dinilai cukup fatal oleh pemateri maupun oleh peserta, sehingga jalannya presentasi ini diiringi oleh debat yang begitu dahsyat untuk saling menguatkan argumentasinya.

Berikutnya yang yang mempunyai kesempatan tampil adalah kelompok 2 yang menyebut dirinya kelompok orang cerdas, dan memang terbukti dengan presentasi yang cukup menarik dapat membuat peserta yang lain terdiam tanpa melalui debat yang sengit lagi.

Acara berlanjut ke acara bersih – bersih , semua anggota turut membantu alam pelaksanaan tersebut. Sekaligus menunggu kendaraan yang menjemput kawan – kawan untuk kembali ke daerah masing – masing.

Selamat jalan LID Gresik, Kenangan yang penuh pesona

Selamat berjuang Instruktur, Instruktur progresif ikatan

Selamat datang DAD kami siap menjadi instruktur untuk DAD


Latihan Instruktur Kader Gresik (hari ke 2)

Oktober 21, 2008

Hari ke – 2 ini merupakan hari yang cukup tragis tetapi cukup berkesan. Kenapa kok tragis ?? karena dompet immawan Ulum pada waktu Sholat shubuh hilang , entah dicuri atau kelupaan. tetapi Setelah dicari sampai hari akhir tetap juga tidak ketemu.

Materi – materi pun berlalu , dimulai oleh mnajemen kelas yang dibawaka oleh Immawan Mukayat S,Ag, lalu tentang Cara Berpikir orang dewasa yang dibawakan oleh mas ainul. maupunmateri tentang manajemen pelatihan dari ketua PC IMM Surabaya , A’yun.Semua acara berlangsung cukup menarik dan seru.

Tak terasa dua hari berlalu begitu cepat, rasa persaudaraan diantara kami semakin kental. Bahkan ada sebuah anekdot unik bahwa alumni LID merupakan anak – anak yang suka dagel. maka dipilihlah Immawan Abidin dari Gresik sebagai Kabid Dagel DPD (Dewan pimpinan Dagel )IMM (Ikatan Mahasaiswa Melucu).

Joke – joke segar selalu memenuhi ruangan kelas ketika ada materi,meskipun begitu pemateri yang rata – rata masih muda dapat memaklumi hal itu . Satu hal yang membuat aku salut dan tercengang terhadap kehisupan didesa Patenan, yaitu budaya Sholat Maghrib berjamaah.

Dimasjid yang begitu besar dan megah itu ternyata kalo Sholat maghrib hampir 70 % terisi penuh. Hal itu mengingatkan saya ketika bulan Ramadhan yaitu ketika sholat tarawih. Ternyata usut punya usut , memang itu adalah kebiasaan warga sekitar, dan bagi siswa pada maghrib itu memang diwajibkan mengaji oleh gurunya.

Acara terus berlangsung hingga dini hari, Pukul 20.00an adalah materi tentang sistem perkaderan yang dibawakan oleh mas Hasan Asya’ri mantan kabid kader PP IMM . Setelah itu adalah materi tentang Instruktur yang dibawakan oleh Muslimun (kabid Dakwah PP IMM ), Materi memang benar – benar hidup , ilmu retorika dari pemateri memang sungguh luar biasa dapat menggiring peserta untuk berpartisipasi aktif dalam materi tersebut.

Setelah acara tersebut dilanjutkan oleh workshop oleh MOT (Ulul Azmi Rizal), kami dibagi menjadi tiga kelompok untuk merencakan sebuah perkaderan dasar  di IMM. diskusi ini sangat menarik , sehingga baru selesai sampai pukul 02.00 keesokan harinya.

Dikarenakan pengujian terhadap khasus ini besok pagi maka kami langsung terlelap setelah melakukan diskusi dalam merencanakan perkaderan dasar (DAD) di IMM.


Latihan Instruktur Kader Oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Gresik (Hari 1)

Oktober 21, 2008

Pelaksanaannya tanggal 17 – 20 oktober di desa Pantenan Kecamatan Panceng. Kami dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah cabang bangkalan berangkat hari jumat tanggal 17 okt 2008 pukul 16.00 WIB. Kami berangkat dengan 2 kloter . Kloter pertama menggunakan sepeda motor dengan 6 punggawanya yaitu Immawan Taufiqurrahman, Chusnul, Saipul, Joni, Ulum, dan Immawati Yeni. Sedangkan yang lainnya (kloter 2) berangkat menggunakan angkot yaitu immawan Aan, Prima, Marto.

Perjalanan cukup panjang dan melelahkan , tetapi demi menjadi seorang kader progresif ikatan tentu kami menjaaninya dengan penuh semangat. Sampai disana kami tiba pukul 19.00 WIB . Kami disambut oleh rekan immawan/ti disana. Lalu karena pada saat itu adalah waktu makan , kami langsung dipersilahkan makan dan kamipun makan dengan lahapnya.

Malam pun berlalu dengan materi tentang ketauhidan yang dipandu oleh Bpk. Affan (Ketua Ranting Muhammadiyah Panceng). MEskipun ngantuk tetapi karena materi yang disampaikan cukup menarik acara pun cukup berjalan dengan baik. Pertanyaan demin pertanyaan mengalir dengan begitu deras. Akhirnya Materi disudahi pukul 22.00 WIB dan teman – teman pun dipersilahkan untuk tidur.

Tapi Kesempatan untuk berkumpul dengan teman seperjuangan tidak akan kami sia-siakan,kami (Taufiq, Aan) pun berdiskusi dengan Immawan Edy dari gresik dan Immawan Arik dari Malang. Benar – benar perdiskusian yang amat seru dan bermakna dimana kami saling bertukar pikiran dari keadaan daerah masing masing , dan tentunya mencari solusi dari akar permasalahan perkaderan IMM saat ini.

Diskusi terus mengalir hingga tak tersa mata pun mengantuk , satu persatu peserta diskusi berguguran tak terkecuali aku. Hingga kita pun melanjutkan kisah perjuangan menuju kader progresif di keesokan harinya.

Bersambung ……………..


Film Laskar Pelangi

Oktober 9, 2008

Wuihhhhh kemarin aku dah liat filmnya laskar pelangi, pertama se aku penasaran takutnya jauh dari novelnya , tapi ternyata kuereen abis tu film

Alkisah bercerita tentang sebuah Sekolah dasar Muhammadiyah Gantong yang sudah reyot dan tua, SD itu diancam akan ditutup jika pada tahun ini dia tidak mendapat 10 orang murid…

Tapi setlah sekian lama menunggu hanya ada 9 anak yang mendaftar, lalu tiba – tiba datang penyelamat yang menyelamatkan Pak cik, Buk Mus, Pak Bakri serta SD Muhammadiyah Gantong beserta 9 orang muridnya agar terus dapat memperjuangkan sekolah islam yang tidak dapat dinilai hanya dengan nilai angka tapi dinilai melalui Hati begitu kata pak cik.

Anak itu adalah harun bocah terbelakang mental yang nantinya kalo ujian malah gambar kucing bukannya garap soalnya. Dlam laskar pelangi ini yang disorot adalah Ikal (Sang penulis Novel), Lintang (sigenius), Mahar( Si Jago Seni), Buk Mus (Pejuang tanpa tanda jasa yang begitu hebat), dan tentunya Laskar pelangi (10 orang sahabat yang nantinya bertambah satu orang yaitu flo si pengkhayal).

pokoknya bener – bener hebat lah Sutradara film ne yang dapat mevisualisasikan dari novel karaya Andrea Hirata (si ikal) hampir mirip dan sesuai dengan aslinya…

Gak rugi deh aku liat ne film …………pokoke puassss banget,,,,, kamu sekalian wajib nonton ne film….


Merubah Volume Label Flash Disk di linux

Oktober 8, 2008

Hello met lebaran yach !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Ceritanya neh, aku kemarin habis beli flash disk ne. Jalan – jalan ke hitech Mall nyari flash kok tiba – tiba ada yang murah, 4 Gb hanya Rp.90.000, lumayan lah pa lagi mereknya V-Gen.

trus waktu aku pake aku coba partisi pake GParted jadi 3 partisi, berhasil coyyy.

tapi yang jadi masalah ketika aku mau ngrubah volume label di flash ku…Akhirnya aku sedikit googling dan dapat satu program yang namanya MTOOLS , aku install deh (cara installnya terserah mau pake yang deb or RPM or alngsung ambil dari reponya),

setelah itu umount Flash anda , kalo gak tau pada directory mana letak flash anda ketik

$ mount

dan ini contoh flash yang terdeteksi pada /dev/sdb1

/dev/sdb1 on /media/DVDDRIVE type vfat (rw,nosuid,nodev,shortname=mixed,uid=1000,utf8,umask=077,usefree)

setelah itu di unmount dengan perintah

umount /dev/sdb1

Untuk melihat volume label adalah dengan perintah

$ sudo mlabel -i /dev/sdb1 -s ::

untuk mengganti volume label dari flas maka gunakanlah perintah

$sudo mlabel -i /dev/sdb1 ::

Volume label is DVDDRIVE

Enter the new volume label : taufiqrom

Setelah itu cabut flash anda lalu  masukkan lagi, dan  kun fayakuun volume label flash anda telah berubah menjadi taufiqrom..

Good Luck and Lestarikan hidup pinguin


KENAPA INDONESIA SULIT MAJU ?????

September 20, 2008

dipublish dari: milis KLAS sender by:kirman@opensuse-id.org

Fri, Sep 19, 2008 at 8:49 PM

*/Anda tahu kenapa Indonesia tidak menjadi negara maju?/*

Karena rakyat Indonesia sejak dini sudah didoktrin dengan lagu2
yang tidak bermutu & mengandung banyak kesalahan, mengajarkan
kerancuan, dan menurunkan motivasi. mari kita buktikan :
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Balonku ada 5… rupa-rupa warnanya…
merah, kuning, kelabu.. merah muda dan biru… meletus balon
hijau, dorrrr!!!”

Perhatikan warna-warna kelima balon tsb, kenapa tiba2 muncul warna
hijau?
Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5 ! -:)
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Aku seorang kapiten… mempunyai pedang panjang…kalo berjalan
prok..prok.. prok… aku seorang kapiten!”

Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di
baitkedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi)
Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin cerita tentang
sepatunya seharusnya dia bernyanyi : “mempunyai sepatu baja
(bukan pedang panjang)..
kalo berjalan prok..prok.. prok..”
nah, itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya
dia bernyanyi : “mempunyai pedang panjang… kalo berjalan
ndul..gondal. ..gandul.. atau srek.. srek.. srek..” itu baru
sesuai dgn kondisi pedang panjangnya!
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok gigi..
habis mandi ku tolong ibu.. membersihkan tempat tidurku..”

Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur.
Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam
menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru.
Sehabis mandi seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung
membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Naik-naik ke puncak gunung..
tinggi.. tinggi sekali..kiri kanan kulihat saja.. banyak pohon
cemara.. 2X”

Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi, semangat
dan motivasi!
Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi
tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam mendaki
lalu jadi bingung dan gak tau mau berbuat apa, bisanya cuma
noleh ke kiri ke kanan aja, gak maju2!
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Naik kereta api tut..tut..tut. . siapa hendak turut ke Bandung ..
Sby..bolehlah naik dengan naik percuma..ayo kawanku lekas naik..
keretaku tak berhenti lama”

Nah, yg begini ini yg parah! mengajarkan anak-anak kalo sudah
dewasa maunya gratis melulu.

Pantesan PJKA rugi terus! terutama jalur Jakarta-Malang
danJakarta-Surabaya !
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul2
sepanjanghari dg tak jemu2..mengangguk2 sambil bernyanyi tri li
li..li..li.. li..li..”

Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak2 akan
realita yg sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya
cuit..cuit.. cuit !
kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi orang (catatan:
acara lagu anak2 dgn presenter agnes monica waktu dia masih kecil
adalah Tra la la trili li!), bukan burung!
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Pok ame ame.. belalang kupu2.. siang makan nasi, kalo malam minum
susu..”

Ini jelas lagu dewasa dan tidak konsumsi anak2! karena yg
disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak
kecil. Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak
pagi gak malem ya minum susu!
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Nina bobo nina bobo oh nina bobo… kalau tidak bobo digigit nyamuk”

menurut psikolog: jadi sekian tahun anak2 indonesia diajak tidur
dgn lagu yg penuh nada mengancam
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Bintang kecil dilangit yg biru…”

(Bintang khan adanya malem, lah kalo malem mang warna langitnya
biru?)
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Ibu kita Kartini…harum namanya” (Namanya Kartini atau Harum?)
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Pada hari minggu..naik delman istimewa kududuk di muka”

(Nah, gak sopan khan..masa duduk di muka??)
~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~
“Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun kita…”

(kalo mau nanam jagung, ngapain dalam-dalam emang mo bikin sumur?

Kasiaaaaan deh kita!